7 CARA BISNIS ONLINE TANPA MODAL UANG

7 CARA BISNIS ONLINE TANPA MODAL UANG, usaha obline, bisnis online, bioenergi center makassar

Cara bisnis online – Bisnis online menjadi magnet bagi banyak orang. Di balik kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan bisnis online ini, ternyata hasil yang didapatkan dari jenis bisnis ini pun sangat menjanjikan. Karena itu, bisnis ini menjadi pilihan banyak orang untuk mencoba berbisnis. Bahkan, bagi yang tidak memiliki modal dan pengalaman berbisnis pun, akan memilih bisnis online ini dengan menjadi reseller dan dropshipper. Lalu, bagaimana cara bisnis online tanpa modal uang dapat dilakukan? Jangan khawatir, asalkan Anda memiliki modal mental dan kekuatan positif dari dalam diri, seperti niat, kerja keras, dan semangat, dijamin Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. Di bawah ini ada beberapa cara bisnis online yang perlu Anda perhatikan.

1. Mampu kerja keras, semangat, dan ulet
Meski cara bisnis online sangat mudah dilakukan. Hanya berbekal gadget yang Anda miliki, bisnis ini pun sudah bisa berjalan. Namun, lengkapi modal alat tersebut dengan sikap kerja keras, semangat, dan ulet agar bisnis Anda makin sukses. Kerja keras ini meliputi kerja keras dalam mencari supplier, semangat dalam merespons calon pembeli, ulet dalam melakukan promo, dan sebagainya.

2.Menentukan konsep bisnis yang jelas
Meski Anda berbisnis online, namun Anda wajib memiliki konsep bisnis yang jelas agar bisnis Anda memiliki arah. Cara bisnis online seperti apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan menciptakan produk sendiri, menjualkan produk orang lain, menawarkan jasa, ataupun konsep bisnis lainnya. Jika Anda ingin menciptakan produk sendiri dengan modal minim maka pilihlah produk sederhana namun dibutuhkan oleh masyarakat, seperti menjual makanan. Jika Anda ingin menjualkan produk orang lain dengan menjadi reseller dan dropshipper maka Anda bisa memilih produk yang memiliki tingkat penyerapan tinggi dan memilih supplier yang jelas dan dapat dipercaya. Jika Anda ingin menawarkan jasa maka Anda bisa membuka bisnis sesuai dengan keahlian atau keterampilan yang Anda miliki, seperti dengan membuka les privat, menulis artikel, membuat website, dan sebagainya.

3. Peka melihat peluang bisnis dan memanfaatkannya
Peka terhadap peluang adalah salah satu cara bisnis online yang wajib Anda lakukan. Ada banyak peluang bisnis yang masih terbuka lebar di sekitar kita. Hal ini dapat Anda lihat dari masalah yang ada di masyarakat dan tawarkan solusi atas masalah tersebut. Misal, ada banyak mahasiswa kost yang tidak bisa atau tidak sempat memasak maka Anda bisa menawarkan jasa katering harian untuk mereka. Anda hanya perlu lebih peka dalam melihat peluang tersebut, merespons, dan manfaatkan menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Untuk itu, Anda perlu cepat dalam menangkap peluang bisnis ini sebelum diambil oleh orang lain. Peka terhadap peluang ini juga menjadi cara Anda agar dapat menemukan ide bisnis yang menguntungkan.
  
4. Memberikan layanan istimewa pada pembeli
Melayani calon pembeli dengan baik adalah salah satu cara bisnis online agar cepat sukses. Meski tidak bertatapan muka secara langsung, namun Anda wajib melayani konsumen dengan memberikan respons cepat, memakai bahasa yang sopan sehingga mereka akan nyaman berinteraksi dengan Anda dan tidak ragu untuk membeli produk Anda.

5. Melakukan promo menarik
Cara bisnis online agar cepat sukses yang selanjutnya adalah dengan melakukan promo yang menarik. Anda bisa memberikan promo menarik, seperti memberikan diskon khusus member, memberikan bonus dengan jumlah pembelian tertentu, memberikan voucher, dan sebagainya.

6.Membuka toko online yang menarik
Agar lapak dagangan online Anda menarik konsumen maka Anda perlu membuat sebuah toko online dalam bentuk website atau blog yang menarik di mana Anda bisa memajang foto-foto produk yang Anda tawarkan. Memiliki website dan blog ini menjadi hal penting untuk Anda lakukan sebagai salah satu cara bisnis online agar mudah dilihat calon konsumen.  Selain memiliki website atau blog, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace untuk berjualan. Ada bebeapa jenis marketplace yang dapat Anda coba secara gratis, seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus, dan sebagainya.

7. Memanfaatkan sosial media
Cara bisnis online tidak bisa dipisahkan dengan sosial media. Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai alat promosi atau iklan Anda. Ada beberapa jenis media sosial yang efektif dalam mendukung bisnis online Anda, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Demikian beberapa cara bisnis online tanpa modal uang yang dapat Anda coba. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun bisnis Anda masih saja stagnan, belum terlihat hasilnya secara maksimal maka Anda perlu belajar mengenai cara bisnis online dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya yang akan membantu Anda menjadi seorang pebisnis sukses tanpa modal.

Tidak ada komentar: