7 BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN DARI KERJA SAMPINGAN

7 BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN DARI KERJA SAMPINGAN, keja sampingan,

Bisnis yang menguntungkan – Apakah Anda seorang karyawan, ibu rumah tangga, ataupun mahasiswa yang membutuhkan penghasilan tambahan? Jika jawaban Anda “Ya” maka Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan melakukan kerja sampingan.  Jika Anda masih bingung dan ragu dalam memilih jenis pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan, jangan khawatir. Di bawah ini ada beberapa jenis bisnis yang menguntungkan yang dapat Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan. Semoga membantu.
1.       Broker atau makelar properti
Menjadi seorang broker atau makelar properti merupakan salah satu jenis bisnis yang menguntungkan. Dengan melihat tingginya kebutuhan masyarakat akan rumah, perumahan, bahkan tanah maka bisnis properti ini layak Anda coba. Cara menjalankan bisnis ini pun cukup mudah dan tanpa modal. Dengan kemampuan Anda melobi dan menawarkan maka Anda akan mendapatkan komisi sekitar 1-3% dari harga properti yang berhasil Anda jual. Misal, Anda berhasil menjualkan rumah seharga 500 juta dan berhak komisi sebesar 1% maka Anda akan mendapatkan bayaran sebesar 50 juta. Menarik, bukan?

1. Penulis lepas dan copywriter
Penulis lepas dan copywriter juga menjadi pilihan kerja sampingan yang memiliki prospek bisnis yang menguntungkan. Bagi Anda yang hobi menulis, Anda bisa menawarkan jasa kepenulisan Anda sebagai penulis buku, penulis artikel di surat kabar atau majalah, penulis artikel online di website, dan sebagainya. Semakin banyak jam terbang Anda dalam menulis maka semakin tinggi jumlah fee yang akan Anda dapatkan. Bahkan, di zaman makin canggih ini, jasa penulis artikel semakin banyak dicari untuk mengisi website atau blog.

2.    Fotografer dan videografer
Bagi Anda yang memiliki kemampuan fotografi dan videografer, Anda bisa menjadikan keahlian Anda tersebut sebagai kerja sampingan sekaligus bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan foto dan video ini pada pribadi (misal prewedding), instansi, ataupun perusahaan (misal company profile) yang membutuhkan.

3.Guru les privat
Bisnis yang menguntungkan juga bisa datang dari pekerjaan sampingan Anda sebagai guru les. Bagi  Anda yang memiliki background pendidikan dan suka mendidik dapat membuka les privat di rumah atau ikut dalam sebuah lembaga bimbingan belajar. Semakin banyak jumlah murid yang Anda bimbing atau semakin tinggi jumlah jam Anda mengajar maka jumlah penghasilan yang Anda dapatkan pun makin banyak.

       
 4.Desain grafis dan ilustrator
Kebutuhan masyarakat akan jasa desain grafis dan ilustrator sangatlah tinggi. Anda bisa memanfaatkannya sebagai kerja sampingan sekaligus bisnis yang menguntungkan. Jasa desain grafis dibutuhkan untuk me-layout buku atau majalah, membuat desain undangan, membuat logo, membuat tampilan website, dan sebagainya. Sedangkan, ilustrator mengandalkan kemampuan menggambar dan membuat ilustrasi untuk buku ataupun kebutuhan pembuatan film animasi. Kedua jenis kerja sampingan ini memiliki nilai bayaran tinggi dan menjanjikan.

5.Penerjemah dan guide wisata
Bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pekerjaan sampingan sekaligus bisnis yang menguntungkan dengan  menjadi seorang penerjemah ataupun pemandu wisata. Kerja sampingan ini juga dapat menjadi sebuah bisnis menguntungkan. Karena itu, Anda bisa segera menawarkan jasa terjemahan pada penerbitan buku, atau jasa pemandu wisata ini pada agen wisata.  
6.       
6. Memasak
Anda hobi memasak? Jadikan hobi memasak Anda menjadi kerja sampingan yang dapat berubah menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Dengan modal kecil, Anda bisa memulai memasak makanan camilan atau minuman ringan. Atau dengan modal yang agak besar lagi, Anda bisa mencoba memasak makanan matang dengan membuka warung nasi rames atau soto. Utamakan rasa masakan Anda tetap lezat dan konsisten sehingga Anda pun akan cepat mendapatkan pelanggan. Usaha di bidang kuliner ini pun bisa menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.
7.      
7.    Desain sekaligus penjahit
Hobi menjahit ternyata dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jenis bisnis yang menguntungkan. Dengan kemampuan Anda dalam mendesain produk fashion sekaligus menjahitnya membuat Anda bisa merintis usaha makloon, atau membuka butik kecil-kecilan. Dunia fashion merupakan bidang usaha yang sangat menjanjikan untuk Anda coba karena tingginya kebutuhan masyarakat akan sandang untuk menunjang penampilan mereka sehari-hari.
8.  
Demikian beberapa jenis bisnis yang menguntungkan dari kerja sampingan yang dapat coba. Jika Anda sudah mencoba beberapa atau semua jenis kerja sampingan di atas, namun bisnis Anda tersebut masih saja belum terlihat hasil keuntungannya  maka sebaiknya Anda segera melakukan cara ampuh dalam mengatasi masalah bisnis, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam meningkatkan kesuksesan bisnis Anda.

Tidak ada komentar: